Program
Kerja MGMP Matematika
SMA
Kabupaten Tabalong
VISI, MISI dan TUJUAN
Musyawarah Guru Mata
Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Kabupaten Tabalong merupakan forum/wadah
kegiatan profesional guru mata pelajaran di tingkat SMA/MA yang mempunyai visi
dan misi yang strategis yaitu mengembangkan profesionalisme guru, mengembangkan
wawasan dan pengetahuan, melakukan kegiatan inovatif terhadap pengembangan mutu
pendidikan dan memberikan pelayanan prima pendidikan bermutu bagi peserta didik
yang Agamis, berkarakter, kekinian dan berwawasan lingkungan.
TUJUAN
Sebagai wadah kegiatan profesional guru mata
pelajaran di SMA/MA Negeri dan Swasta di Kabupaten Tabalong, maka
penyelenggaraan MGMP bertujuan untuk:
1.
Memperluas wawasan dan pengetahuan para guru
dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran,
penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, strategi/metode
pembelajaran, memaksimalkan pemakaian sarana/prasarana belajar, memanfaatkan
sumber belajar berbasis ICT, pengembangan profesi berkelanjutan dan sebagainya.
2.
Mengembangkan mutu profesionalisme guru
sebagai pilar utama dalam manajemen kelas sehingga guru bangga terhadap profesinya.
3.
Mewujudkan pembelajaan yang efektif sehingga
siswa dapat menguasai materi pembelajaran tuntas (mastery learning).
4.
Mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dan
dialami oleh guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan mencari alternatif
pemecahannya sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, kondisi sekolah, dan
lingkungannya.
5.
Membantu guru memperoleh informasi teknis
edukatif yang berkaitan dengan kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi,
kegiatan kurikulum, metodologi, serta sistem pengujian yang sesuai dengan mata
pelajaran yang bersangkutan.
6.
Saling berbagi informasi dan pengalaman
melalui workshop, lokakarya, forum guru, simposium, seminar, diklat, referensi,
dll.
7.
Membantu guru memperoleh informasi teknis yang
berkaitan dengan kegiatan riset/metodologi penelitian dalam pengembangan dan
peningkatan profesi bagi jabatan fungsional guru dan sertifikasi.
A.
Program Strategis
Untuk mendukung visi dan misi MGMP SMA/MA Kota
Tabalong, maka beberapa program strategis yang menjadi prioritas, sbb.:
1. Memotivasi
guru untuk bergabung dan aktif dalam setiap kegiatan MGMP.
2. Melaksanakan
kegiatan MGMP melalui pola kerja, metode dan strategi yang lebih baik.
3. Melakukan
kegiatan-kegiatan yang lebih intensif bagi peningkatkan kualitas dan
profesionalisme guru.
4. Melakukan
pendekatan terhadap lembaga terkait, baik eksekutif maupun legislatif untuk
lebih memerhatikan keberadaan MGMP beserta kegiatan-kegiatannya dengan
memberikan dukungan dana yang dianggarkan dalam APBN dan APBD setiap tahun.
5. Melakukan
pendekatan kepada sekolah/komite sekolah untuk memberikan motivasi bagi
guru-guru yang ada di sekolah masing-masing untuk mengikuti kegiatan MGMP.
6. Memberdayakan
dan mengembangkan potensi sumber daya guru secara berkelanjutan dalam mendukung
kegiatan-kegiatan MGMP tingkat Kbupaten Tabalong.
7. Mendorong
pihak stakeholder untuk membantu mengembangkan MGMP, misalnya sekolah, komite
sekolah, MKKS, LPMP, P4TK, dan masyarakat.
8. Mengupayakan
kebutuhan dan kelengkapan sarana/parasarana pendukung kegiatan MGMP SMA/MA
Negeri dan Swasta Tingkat Kabupaten Tabalong.
9. Menjadikan
MGMP SMA/MA Kabupaten Tabalong sebagai pilar utama bagi berkembangnya
organisasi profesi guru dalam pembinaan profesionalisme guru di daerah.
10. Menjadikan
MGMP SMA/MA Negeri dan Swasta Kabupaten Tabalong sebagai MGMP Percontohan di Kalimantan
Selatan khususnya dan Indonesia umumnya dalam kegiatan peningkatan profesi guru
di daerah.
B.
PROGRAM KERJA TAHUN 2020-2024
1. Program
Kerja I : PERTEMUAN BERKALA (up grade guru)
Rincian Program :
a. Pertemuan
berkala sekali sebulan atau menurut keperluan, para guru yang membahas:
kurikulum/silabus, program tahunan, program semester, satuan pelajaran, rencana
pelajaran, pendalaman materi, perakitan soal ulangan harian dan semester,
analisis ulangan harian, pembuatan LKPD dan praktikum
b. Pembuatan
perangkat pembelajaran guru
c. Sarana
pengembangan inisiatif dan inovatif dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran
melalui berbagai metode pembelajaran yang efektif, menarik dan menyenangkan
d. Problem
Solving
e. Pendalaman
Materi
f.
Kajian dan Evaluasi Pelaksanaan
PBM
g. Inovasi
dan Teknologi Pembelajaran
2. Program
Kerja II : PENINGKATAN KUALITAS TENAGA FASILITATOR
Rincian Program :
Melaksanakan pelatihan dan pertemuan rutin bagi fasilitator (TOT) untuk
membahas masalah-masalah:
a. Pengembangan dan Penyempurnaan silabus
b. Sistem Pengujian
c. Problem Solving dalam PBM
d. Teknologi dan Inovasi Pembelajaran
e. Pengembangan Profesi
f. Kajian Pelaksanaan PBM
g. Metode Pembelajaran Berbasis TIK
h. Menjajaki kerja sama dengan LPMP dan P4TK dalam pelatihan fasilitator tiap
mata pelajaran.
3. Program
Kerja III: PEMBENTUKAN TEAM WORK DAN TEAM
MONITORING DAN EVALUASI INTERNAL
Rincian Program :
a. Pembentukan Team Work Pengembang Kurikulum
b. Pembentukan Team Work Penilaian
c. Pembentukan Team Work Fasilitator Mata Pelajaran
d. Pembentukan Team Work Pembina KIR dan Olimpiade Nasional
e. Pembentukan Team Monitoring dan Evaluasi Internal (Monev) MGMP
4. Program
Kerja IV: PENGADAAN SARANA BELAJAR
Rincian Program :
Proposal pengadaan sarana belajar Instansi terkait.
5. Program
Kerja V : PENGUSULAN DANA BLOCK GRANT MGMP DAN DANA OPERASIONAL MGMP
Rincian Program :
a. Peningkatan
kualitas Proposal pengajuan Dana Block Grant ke LPMP Kalimantan Selatan
b. Bantuan
teknis penyusunan proposal untuk pengusulan block grant bagi MGMP.
c. Melaksanakan
monitoring dan evaluasi terhadap
penggunaan block grant.
6. Program
Kerja VI : PEMANTAPAN POLA KERJA DAN METODE
PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU
Rincian Program :
Pemantapan pola kerja, pemantapan personil, pemantapan arah dan tujuan bersama,
pemantapan metode pencapaian tujuan, dan menghasilkan produk nyata.
7. Program
Kerja VII : PEMBUATAN KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/
PERAKITAN SOAL UJIAN SEKOLAH
Rincian Program :
Penyusunan kisi-kisi soal ujian sekolah untuk digunakan dalam penyusunan soal
ujian sekolah bagi seluruh SMA/MA Negeri dan Swasta di Kabupaten Tabalong.
Peserta terdiri dari guru-guru mata pelajaran yang berkompeten dalam penyusunan
kisi-kisi ujian sekolah.
C.
PROGRAM JANGKA PANJANG
Pentahapan proses pengembangan profesioanlisme guru
jangka panjang melalui MGMP yang meliputi tahap aktifasi, dinamisasi,
akselerasi, dinamik-stabilitasasi. Pentahapan berdasarkan time table rencana
kerja periode 20-2015 adalah sebagai berikut:
Tahapan
:
1. Tahun
2020-2021
Aktifasi-revitalisasi dengan sasaran mengaktifkan simpul-simpul network
pengembangan profesionalisme guru dan legalitas MGMP Revitalisasi
Kelompok/Musyawarah, Pemahaman terhadap pola kerja pengembangan. Reorientasi,
pemikiran menuju kemauan berkembang dengan bergabung dan aktif dalam kegiatan
MGMP, mengikuti kegiatan untuk meningkatkan wawasan dan networking
2. Tahun
2021-2022
Dinamisasi-dengan sasaran konsistensi gerakan dinamisasi dalam mencapai tujuan
profesionalisme guru.
Pemantapan pola kerja, pemantapan personil, pemantapan arah dan tujuan bersama,
pemantapan metode pencapaian tujuan, menghasilkan produk nyata.
Aktiv bergabung dalam MGMP secara mandiri tanpa paksaan, menyampaikan ide dan
melaksanakan, senang bergabung dengan MGMP, dinamis dalam bekerja dan produktif
3. Tahun
2022-2023
Akselerasi- dengan sasaran percepatan dan pertumbuhan ide-ide dari para guru
dalam MGMP untuk mandiri meningkatkan kompetensi profesinya, sehingga
peningkatan kulifikasi, sertifikasi dapat tercapai.
Dengan kemantapan organisasi, melangkah dengan dinamika tinggi, produktifitas
tinggi dan semakin banyak kegiatan yang positif dan menarik untuk para guru.
Kemandirian kelompok/musyawarah dimantapkan, peran masing-masing anggota
diperkuat, kualifikasi dan sertifikasi serta kompentensi anggota meningkat
tajam.
Guru berlomba-lomba meningkatkan profesionalismenya, diantaranya dengan lebih
banyak jumlah guru yang dapat meningkat kualifikasinya dan semakin banyak guru
yang berlomba-lomba untuk mendapatkan sertifikasi profesi serta semakin banyak
jumlah guru yang bekerja keras dalam jalur profesinya.
4. Tahun
2023-2024
Stabilisasi kondusif.
Para guru mempunyai pengalaman selama menjalankan tahapan dinamisasi dan
akselerasi. Aktivitas yang efektifitasnya tinggi dipilih untuk tetap dilakukan.
Tahapan ini merupakan tahapan menjaga stabilitas kondisi dinamis dan ekonomis.
Stabilitas MGMP, sebagai organisasi/forum berbadan hukum, aktif dan konstruk
dalam kegiatan bersama, mempunyai network lokal, nasional dan internasional
yang yang kuat. Mempunyai metode-metode implementasi ide yang efektif,
mengembangkan citra guru, mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan
zaman.
Kesejahteraan sebagian besar guru dalam MGMP meningkat, kulifikasi dan
sertifikasi sebagian besar guru tuntas. Guru mampu mengekspresikan
pemikirannya, guru mempunyai kepribadian proaktif untuk meningkatkan
kemampuannya dalam mengajar dan berkreasi dengan siswa.

Posting Komentar